RESUME BERPIKIR KOMPUTASI
1. DATA STRUKTUR
Apa itu struktur data?
Struktur data adalah cara menyimpan, mengambil, dan menyusun data. Struktur data memungkinkan data yang ada di komputer lebih mudah diakses dan diperbarui.
Jenis struktur data linear :
A. Array
Array memiliki item/tipe yang sama. Kumpulan elemen dalam array memiliki jarak yang saling berdekatan. Dengan array, analis dapat mencari data acak yang cukup dengan menggunakan indeks.
Array terdiri dari dua jenis, yaitu array satu dimensi dan array multi dimensi .
B. Stack
Stack adalah struktur data yang berfungsi menghapus atau menyisipkan item baru di bagian atas tumpukan (stacks).
Bayangkan tumpukan adalah tumpukan buku. Ketika seseorang ingin mengambil buku yang berada di tumpukan tengah, orang itu harus mengambil buku yang di atasnya terlebih dahulu.
Stack menggunakan konsep LIFO (last in first out). Artinya, item terakhir yang ditambahkan ke dalam tumpukan adalah item pertama yang nantinya akan keluar dari tumpukan.
C. Antrian
Antrian adalah tipe data linier di mana analis hanya bisa menyisipkan atau menambahkan elemen di bagian paling belakang. Sementara untuk menghapus elemen hanya bisa dilakukan di bagian paling depan.
Antrian menggunakan konsep FIFO (first in first out). Elemen yang bisa dihapus hanyalah elemen yang berada di bagian terdepan.
D. Linked list
Daftar tertaut yang menghubungkan elemen data melalui serangkaian node . Setiap node berisi data aktual (semua jenis data) dan pointer (link). Dalam linked list, pencarian data dilakukan secara manual.
Operasi dasar dalam linked list adalah menambahkan, menghapus, dan mencari item dari daftar ( list )
Jenis struktur data non-linier
A. Tress
Trees adalah struktur data bertingkat yang tersusun dari beberapa node. Node paling bawah disebut sebagai leaf node dan node paling atas disebut root node. Setiap node berisi pointer ke titik node terdekat.
Analogi pohon sederhana adalah struktur hubungan dalam keluarga. Kakek memiliki beberapa anak. Anak-anak tersebut akan menikah dan menjadi orang tua. Masing-masing anak yang sudah menjadi orang tua memiliki anak-anak baru, begitu seterusnya.
Trees memiliki beberapa jenis struktur data, seperti pohon biner, pohon pencarian biner, pohon B, dan pohon AVL . Di antara jenis-jenis tersebut, pohon biner adalah salah satu yang paling sering dipakai.
B. Grafik
Grafik dikenal juga sebagai jaringan. Dalam graf , setiap simpul disebut sebagai simpul . Graf terdiri dari kumpulan simpul dan koneksi (edge).
Analogi sederhana dari graph adalah jejaring sosial. Manusia diibaratkan sebagai simpul dan persahabatan atau hubungan adalah ujung-ujungnya. Setiap perkenalan manusia dengan manusia lainnya menghasilkan jaringan atau persahabatan baru.
2. TREE DATA
Apa itu tree data?
Tree adalah tipe struktur data yang sifatnya non-linier dan berbentuk hierarki. Mengapa tree disebut sebagai struktur data non-linier? Alasannya karena data pada tree tidak disimpan secara berurutan. Sebaliknya, data diatur pada beberapa level yang disebut struktur hierarkis. Karena itu, tree dianggap sebagai struktur data non-linear.
Jenis- jenis tree :
A. General tree
Struktur data tree yang tidak memiliki batasan jumlah node pada hierarki tree disebut General tree. Setiap simpul atau node bebas memiliki berapapun child node. Tree jenis adalah superset dari semua jenis tree.
B. Binary tree
Binary tree adalah jenis tree yang simpulnya hanya dapat memiliki paling banyak 2 simpul anak (child node). Kedua simpul tersebut biasa disebut simpul kiri (left node) dan simpul kanan (right node). Tree tipe ini lebih populer daripada jenis lainnya.
C. Balanced tree
Apabila tinggi dari subtree sebelah kiri dan subtree sebelah kanan sama atau kalaupun berbeda hanya berbeda 1, maka disebut sebagai balanced tree.
3. GRAPH DATA
Apa itu graph data?
Graph adalah jenis struktur data umum yang susunan datanya tidak berdekatan satu sama lain (non-linier). Graph terdiri dari kumpulan simpul berhingga untuk menyimpan data dan antara dua buah simpul terdapat hubungan saling keterkaitan.
Jenis-jenis graph :
A. Undirected Graph
Pada undirected graph, simpul-simpulnya terhubung dengan edge yang sifatnya dua arah. Misalnya kita punya simpul 1 dan 2 yang saling terhubung, kita bisa menjelajah dari simpul 1 ke simpul 2, begitu juga sebaliknya.
B. Directed Graph
Kebalikan dari undirected graph, pada graph jenis ini simpul-simpulnya terhubung oleh edge yang hanya bisa melakukan jelajah satu arah pada simpul yang ditunjuk. Sebagai contoh jika ada simpul A yang terhubung ke simpul B, namun arah panahnya menuju simpul B, maka kita hanya bisa melakukan jelajah (traversing) dari simpul A ke simpul B, dan tidak berlaku sebaliknya.
C. Weighted Graph
Weighted graph adalah jenis graph yang cabangnya diberi label bobot berupa bilangan numerik. Pemberian label bobot pada edge biasanya digunakan untuk memudahkan algoritma dalam menyelesaikan masalah.
D. Unweighted Graph
Berbeda dengan jenis sebelumnya, unweighted graph tidak memiliki properti bobot pada koneksinya. Graph ini hanya mempertimbangkan apakah dua node saling terhubung atau tidak.
4. ALGORITMA :
Apa itu algoritma?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, algoritma adalah prosedur sistematis untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah terbatas. Selain itu, algoritma juga bisa diartikan sebagai urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah.
5. ALGORITMA MENURUT PARA AHLI
A. Abu Ja’far Muhammad Ibn Musa Al Khwarizmi
mengatakan bahwa algoritma adalah sebuah cara atau metode khusus yang dapat digunakan untuk menyelesaikan satu atau beberapa masalah.
B. Marvin Minsky
Marvin Minsky merupakan seorang ahli Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan berpendapat bahwa algoritma adalah suatu perangkat yang berbentuk aturan yang dapat menginformasikan kepada kita dari satu waktu ke waktu lainnya dan informasi yang diberikan merupakan bagaimana cara untuk bertindak. Algoritma yang diungkapkan oleh Marvin Minsky sebenarnya sudah bisa kita rasakan, ketika menggunakan sebuah perangkat pengingat, seperti smart watch.
C. Sismoro
Menurut Sismoro, algoritma adalah sekumpulan instruksi atau langkah-langkah yang sudah dituliskan secara sistematis dan digunakan untuk menyelesaikan suatu persoalan atau suatu permasalahan matematika dan logika dengan bantuan komputer.
D. Seymour Lipschutz dan Marc Lipson
Seymour Lipschutz dan Marc Lipson menyatakan bahwa algoritma adalah sebuah daftar yang berisi langkah demi langkah yang terhingga yang berasal dari berbagai macam perintah yang sudah dijelaskan supaya bisa digunakan untuk menyelesaikan atau memecahkan suatu permasalahan yang ada.
E. Kani
Menurut Kani, algoritma adalah suatu usaha dengan sebuah urutan operasi yang sudah disusun secara sistematis dan logis dan dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan demi menciptakan sebuah output tertentu.
F. S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi
Menurut S. E. Goodman dan S.T. Hedetniemi, algoritma adalah suatu urutan atau susunan yang sifatnya terbatas dari berbagai operasi yang sudah bisa dijelaskan serta setiap operasi membutuhkan waktu dan memori yang terbatas untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.
G. Donald Ervin Knuth
Donald Ervin Knuth mengatakan bahwa algoritma adalah kumpulan aturan-aturan yang berhingga dan bisa memberikan serangkaian operasi agar dapat memecahkan suatu permasalahan yang sedang terjadi.
6. EXPRESI LOGIKA
Ekspresi logika adalah proposisi yang dibangun dengan variabel logika yang berasal dari pernyataan atau argumen. Variabel logika berupa huruf tertentu yang dirangkai dengan perangkai logika, disebut ekspresi logika.
7. OPERASI LOGIKA
Operasi logika yang dimaksudkan adalah sebuah sebuah kombinasi variabel biner yang berupa masukan dan keluaran dari sebuah sistem rangkaian digital.
8. FLOWCHART
Flowchart adalah sebuah diagram yang menggambarkan alur proses atau alur logika suatu sistem. Flowchart menggunakan simbol-simbol standar untuk menunjukkan aktivitas, kondisi, dan alur logika dari proses yang digambarkan. Flowchart bisa digunakan dalam berbagai bidang, seperti pengembangan perangkat lunak, perencanaan bisnis, manajemen proyek, desain sistem, dan lain-lain.
Flowchart dapat membantu dalam menentukan alur proses, menemukan kesalahan atau kekurangan dalam sistem, dan meningkatkan efisiensi suatu proses. Flowchart juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana suatu sistem bekerja pada orang yang tidak familiar dengan sistem tersebut. Flowchart dapat dibuat menggunakan software khusus atau dibuat secara manual menggunakan simbol-simbol standar.
Jenis-Jenis flowchart
Ada beberapa jenis flowchart yang sering digunakan, antara lain:
A. Flowchart Proses
Digunakan untuk menggambarkan alur proses atau alur kerja dari suatu sistem atau aktivitas.
B. Flowchart Algoritma
Digunakan untuk menggambarkan alur logika dari suatu algoritma atau program komputer.
C. Flowchart Sistem
Digunakan untuk menggambarkan alur logika dari suatu sistem atau proses yang lebih kompleks.
D. Flowchart Struktur Kontrol
Digunakan untuk menggambarkan alur logika dari suatu struktur kontrol dalam pemrograman, seperti percabangan (if-then-else) dan perulangan (for, while).
E. Flowchart Pembuatan Keputusan
Digunakan untuk menggambarkan alur logika dari suatu proses pembuatan keputusan.
F. Flowchart DFD (Data Flow Diagram)
Digunakan untuk menggambarkan aliran data dalam suatu sistem atau proses.
G. Flowchart Swimlane
Digunakan untuk menggambarkan alur proses atau alur kerja dari suatu sistem yang dikelompokkan berdasarkan role atau otoritas.
H. Flowchart UML (Unified Modeling Language)
Digunakan untuk menggambarkan alur proses atau alur kerja dari suatu sistem yang dikelompokkan berdasarkan use case.
Simbol flowchart
- Start/Stop: Simbol ini menandakan dimulainya atau berakhirnya suatu proses.
- Input/Output: Simbol ini menandakan proses pengambilan atau penyimpanan data.
- Proses: Simbol ini menandakan aktivitas atau tugas yang dilakukan dalam suatu proses.
- Kondisi: Simbol ini menandakan adanya pilihan atau percabangan dalam alur proses.
- Pembuatan Keputusan: Simbol ini menandakan proses pembuatan keputusan.
- Data: Simbol ini menandakan data yang digunakan dalam proses.
- Connector: Simbol ini digunakan untuk menghubungkan dua flowchart yang berbeda.
- Document: Simbol ini menandakan dokumen yang digunakan dalam proses.
- Subroutine: Simbol ini menandakan proses yang berbeda yang digunakan dalam suatu proses.
- Terminator: Simbol ini menandakan bagian awal atau akhir dari suatu proses.
Contoh flowchart
• Start: Simbol ini menandakan dimulainya proses pemesanan produk
• Input data pelanggan: Proses ini melibatkan pengisian data pelanggan, seperti nama, alamat, dan nomor telepon
• Pemilihan produk: Proses ini melibatkan pemilihan produk yang akan dipesan oleh pelanggan
• Pengecekan stok produk: Proses ini melibatkan pengecekan stok produk yang dipilih oleh pelanggan
• Kondisi: Jika stok produk tersedia, maka proses akan dilanjutkan ke proses pembayaran; jika stok produk tidak tersedia, maka proses akan kembali ke proses pemilihan produk
• Pembayaran: Proses ini melibatkan pembayaran produk yang dipesan oleh pelanggan
• Konfirmasi pembayaran: Proses ini melibatkan konfirmasi diterima atau tidaknya pembayaran dari pelanggan
• Kondisi: Jika pembayaran diterima, maka proses akan dilanjutkan ke proses pengiriman produk; jika pembayaran tidak diterima, maka proses akan kembali ke proses pembayaran
• Pengiriman produk: Proses ini melibatkan pengiriman produk yang dipesan oleh pelanggan
• Stop: Simbol ini menandakan berakhirnya proses pemesanan produk.
9. FLOWCHART DOKUMEN
Document flowchart adalah bagan alir untuk menganalisis alur dokumen dan informasi antar departemen atau unit dalam suatu organisasi.
Biasanya, jenis flowchart ini dibagi menjadi beberapa kolom yang menunjukkan tiap-tiap departemen atau unit dalam organisasi.
Flowchart jenis ini dibuat untuk mencari tahu alur setiap dokumen dalam suatu proses dari asal hingga tujuan akhirnya. Dengan begitu, Anda bisa menggambarkan asal dokumen, distribusi dokumen ke tiap unit, tujuan akhir dokumen, serta alur perpindahan dokumen dan informasi antar departemen.
10. FLOWCHART DATA
Flowchart data digunakan untuk memvisualisasikan alur kerja data dalam sebuah program atau sistem. Jenis diagram alir yang satu ini, cocok digunakan pada tahap perancangan dalam pengembangan software
11. FLOWCHART SISTEM
Flowchart sistem adalah diagram yang menggambarkan seluruh alur atau flow yang terjadi pada sebuah sistem. Flowchart sistem ini bisa menguraikan secara detail urutan setiap prosedur yang ada pada sistem. Jenis terakhir ada flowchart skematik. Flowchart yang satu ini hampir sama dengan flowchart sistem.
Contoh flowchart sistem dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan diagram alur kerja secara keseluruhan dari sistem. Flowchart sendiri merupakan ilustrasi visual yang menggambarkan alur kerja atau proses dan solusi dari suatu studi tentang sebuah masalah.Setiap alur biasanya akan digambarkan dalam.
12. FLOWCHART PROGRAM
Program flowcharts digunakan untuk menggambarkan kerja internal dari sistem modern yang sudah terkomputerisasi dan terperinci. Terdapat 4 jenis simbol flowchart program. Ke-4 simbol tersebut adalah awal, proses, keputusan, dan akhir.
Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer terinci (detailed computer program flowchart). Flowchart ini akan membantu pengembang menemukan error di dalam kode komputer.
13. SIMBOL FLOWCHART
A. Terminator
B. Output/Input
Comments
Post a Comment